• SMP NEGERI 2 BATANG
  • Unggul dalam Prestasi dan Berakhlak Mulia

Sejarah

Sejarah  SMP Negeri 2 Batang

 

      SMP Negeri 2 Batang merupakan sekolah yang berlokasi di JL. RE. Martadinata Sekalong Karangasem Selatan Batang. Adapun batas-batas dari sekolah tersebut yaitu :

  1. Utara :  Lapangan milik desa
  2. Timur           :  Perusahaan aci atau pati
  3. Selatan        :  Tanah milik perorangan milik Bapak Wasmo
  4. Barat            :  Tanah milik perorangan milik Bapak H. Mustajab

Penduduk sekitar sebagian besar bermata pencaharian sebagai :

  1. Pedagang kecil
  2. Pengusaha kecil
  3. Buruh kecil
  4. Sebagian pegawai dan pensiunan

      Kemanan lingkungan sekolah yang berdekatan dengan rumah penduduk relative baik. Tahun 1965 Sekolah Kerajinan Negeri diubah menjadi Sekolah Tenik Negeri 2 sampai dengan tahun 1979. Sejak tahun 1979 secara resmi Sekolah Teknik Negeri 2 menjadi Sekolah Menengah Pertama 2 Batang. Dasar penegrian adalah : SURAT KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, Nomor : 030/U/1979, tentang PENEGRIAN SEKOLAH, mulai berlaku tanggal : 1 April 1979. Sekalipun SK Integrasi keluar tahun 1979, namun secara de facto penerimaan siswa baru SMP 2 Batang dimulai tahun ajaran 1977. Siswa yang berstatus ST sebagai periode ajaran yang terakhir.

 

      SMP Negeri 2 Batang adalah perubahan dari Sekolah Teknik Negeri II Batang, yang karena Peraturan Pemerintah Sekolah Teknik Negeri II Batang untuk diubah menjadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang, mendapat Surat Keputusan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 14 November 1979 beralamat di JL. RE. Martadinata 536 Batang.

      Pada tahun 1989 SMP Negeri 2 Batang pindah tempat yaitu di desa Sekalong Karangasem Selatan Batang, menempati bekas areal persawahan seluas 4. 000 m2. Letak sekolah sangat strategis, di sebelah Utara Pasar Batang pinggir jalan raya jalur pantura (arah jalur Semarang Jakarta), ± 50 m tepatnya di jalan Patimura Batang, Telepon (0285) 392473, desa Sekalong Karangasem Selatan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Dengan kondisi lingkungan dan geografi yang strategis serta kemajemukan kondisi sosial  masyarakat (sosial, ekonomi, politik dan keamanan), SMP Negeri 2 Batang menjadi sekolah yang sangat diminati masyarakat (favorit), tidak hanya bagi masyarakat kecamatan Batang, tetapi juga bagi masyarakat  luar Kecamatan Batang.

      Minat  masyarakat untuk bersekolah di SMP Negeri 2 Batang  tergolong tinggi, karena siswa baru yang berjumlah 200 siswa adalah 20 % dari pendaftar yang berminat dan berasal bukan hanya dari masyarakat sekitar sekolah tetapi dari seluruh kota maupun luar kota Batang. Hal ini juga dapat memberi gambaran bahwa Perkembangan kesadaran penduduk akan pentingnya pendidikan semakin tinggi. Kesadaran seperti ini perlu ditingkatkan agar ketuntasan wajar Dikdas 9 tahun terealisasi. Dukungan SMP Negeri 2 Batang dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada warga memberi arti penting terhadap peran sekolah dalam mewujudkan ketuntasan wajar dikdas 9 tahun, sehingga kepercayaan warga masyarakat untuk melaksanakan pendidikan di SMP Negeri 2 Batang semakin tinggi. Hal seperti inilah yang menjadi faktor penting mengapa minat warga untuk bersekolah di SMP Negeri 2 Batang tergolong tinggi. Sebagian masyarakat termasuk kategori ekonomi menengah, ada yang termasuk pra sejahtera ada pula yang termasuk berlebih di bidang ekonomi. Hal ini ditunjukkan adanya kenyataan bahwa sebagian besar masyarakat memberikan sumbangan partisipasi kepada sekolah sesuai dengan ketentuan dan ada pula yang sama sekali tidak mampu memberikan sumbangan.

 

Halaman Lainnya
PENGUMUMAN PPDB

Assalamualaikum   Memuat…

27/05/2023 10:12 - Oleh Administrator - Dilihat 224 kali
PPDB TAHUN 2023/2024

19/05/2023 08:34 - Oleh Administrator - Dilihat 319 kali
Profil

TUJUAN SMP N 2 BATANG  Sesuai dengan visi dan misi sekolah serta tujuan pendidikan, maka SMP Negeri 2 Batang pada akhir tahun pelajaran 2019/2020 akan mengantarkan peserta didik un

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 2503 kali
Visi dan Misi

VISI SEKOLAH  :  " UNGGUL DALAM MUTU DAN BERAKHLAQ MULIA "  Indikator ketercapaian : Terlaksananya pembelajaran dan bimbingan secara efektif sesuai dengan potensi yang d

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 3002 kali